Alas Kedaton Bali – Pura Sakral Ditengah Hutan Monyet

Category : pura, tempat wisata
Alas Kedaton Bali – Pura Sakral Ditengah Hutan Monyetby siroton.Alas Kedaton Bali – Pura Sakral Ditengah Hutan MonyetHai apa kabar? Kali ini tim menujubali.com ingin berbagi ulasan tentang tempat wisata Alas Kedaton Bali yang mana menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi jika sedang berada di daerah Tabanan. Pura Alas Kedaton ini berdiri di areal hutan yang dihuni oleh lebih dari 2000 kera yang akan menyambut Anda setelah memasuki gerbang masuk. […]

Hai apa kabar? Kali ini tim menujubali.com ingin berbagi ulasan tentang tempat wisata Alas Kedaton Bali yang mana menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi jika sedang berada di daerah Tabanan.

Pura Alas Kedaton ini berdiri di areal hutan yang dihuni oleh lebih dari 2000 kera yang akan menyambut Anda setelah memasuki gerbang masuk. Itulah salah satu daya tarik utama dari Alas Kedaton ini. Tempat ini sering dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar yang ingin melihat keindahan pura sakral ini secara langsung.

Tempat ini juga sangat cocok bagi Anda yang berlibur sambil mengajak anak-anak, karena disana anak-anak Anda bisa bermain dan memberi makan monyet-monyet disana. Fasilitas-fasilitas disana juga terbilang cukup lengkap dan tempatnya juga sangat nyaman. Untuk lebih jelas lagi tentang Pura Alas Kedaton Tabanan silahkan simak ulasan berikut ini…

Baca Juga : Wisata Pura Ulun Danu Bratan

Sejarah Alas Kedaton Tabanan Bali

Wisata Pura Alas Kedaton Tabanan Bali
Sebelum membahas lebih dalam lagi, kita simak terlebih dulu sekilas mengenai sejarah Alas Kedaton Tabanan ini. Jadi, bangunan ini didirikan oleh Mpu Kuturan atau Mpu Rajakertha pada masa pemerintahan Raja Sri Masula Masuli di pulau Bali. Raja ini mulai memerintah Bali sejak tahun Saka 1100 atau 1178 Masehi. Hal itu didasari dengan ditemukannya prasasti Desa Sading, Mengwi, Kabupaten Badung.
Menurut prasasti itu juga, Raja Sri Masula Masuli memerintah Bali hingga tahun 1255 Masehi atau memerintah selama kurang lebih 77 tahun. Pura Alas Kedaton menghadap ke barat dan mempunyai 4 pintu gerbang sebagai pintu untuk masuk dan keluar. Halaman pura juga unik, berbeda dengan pura-pura lainnya yang biasanya bagian dalam/utama lebih tinggi dari halaman tengah, pura ini malah berkebalikan.

Seperti pura-pura lainnya, bangunan Alas Kedaton ini memiliki bangunan-bangunan suci (pelinggih), sebuah lingga dan patung Durga Mahisasura Mardhani dan Patung Dewa Ganesha.

Baca Juga : Pura Goa Lawah Klungkung Bali

Daya Tarik Pura Alas Kedaton Tabanan

Daya Tarik Pura Alas Kedaton Tabanan
Pura ini memang memiliki keunikan jika dibanding dengan pura-pura lainnya, seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi. Ternyata Pura Alas Kedaton ini tidak hanya dihuni oleh monyet, melainkan juga terdapat ratusan kelelawar atau kalong. Hal itu membuat tempat ini semakin unik dan menarik untuk dikunjugi.
Seperti monyet yang ada di Wisata Ubud Monkey Forest, monyet yang ada di area pura terbilang jinak dan bersahabat dengan pengunjung. Anda bisa memberi makan berupa kacang-kacangan atau pisang yang bisa Anda beli disana. Tapi perlu diingat, meskipun terbilang jinak, ada baiknya untuk Anda tetap berhati-hati, simpanlah barang Anda di tempat yang aman yang tidak terjangkau oleh monyet-monyet. Selain itu jangan berbuat kasar pada monyet jika tidak ingin diserang oleh ribuan monyet.
Selain memberi makan monyet, Anda dan keluarga juga bisa berfoto dengan monyet-monyet disana. Terdapat pemandu wisata yang akan membantu Anda untuk dapat berfoto dengan mereka. Tidak jauh dari area wisata, terdapat kios-kios yang menjual berbagai macam souvenir dan cinderamata yang bisa Anda beli untuk dijadikan oleh-oleh.

Lokasi Pura Alas Kedaton Tabanan Bali

Pura Alas Kedaton terletak di Jalan Batukaru, desa Kukuh, kecamatan Marga, kabupaten Tabanan-Bali. Atau menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Kuta jika tidak dalam keadaan macet. Tempat wisata ini buka mulai dari pukul 08.00 sampai 19.00 WITA.
Untuk lebih jelas mengenai alamat Pura Alas Kedaton silahkan lihat peta dibawah ini

Author: 

Related Posts

Leave a Reply