Goa Gajah Ubud Bali – Wisata Bagi Pecinta Ketenangan

Category : tempat wisata
Goa Gajah Ubud Bali – Wisata Bagi Pecinta Ketenanganby siroton.Goa Gajah Ubud Bali – Wisata Bagi Pecinta KetenanganHai semua, kali ini saya akan berbagi ulasan tentang tempat wisata Goa Gajah Ubud Bali yang mana menjadi salah satu objek wisata yang harus Anda kunjungi jika Anda sedang berada di daerah Ubud. Goa Gajah Bali ini sebelumnya sudah pernah saya bahas secara singkat pada artikel saya yang berjudul 17 Tempat wisata di Ubud Bali […]

Hai semua, kali ini saya akan berbagi ulasan tentang tempat wisata Goa Gajah Ubud Bali yang mana menjadi salah satu objek wisata yang harus Anda kunjungi jika Anda sedang berada di daerah Ubud. Goa Gajah Bali ini sebelumnya sudah pernah saya bahas secara singkat pada artikel saya yang berjudul 17 Tempat wisata di Ubud Bali yang wajib dikunjungi.

Jadi jika kalian penasaran dengan objek lain selain Goa Gajah Ubud ini silahkan mampir ke artikel saya tersebut.

Tempat wisata ini sudah sangat terkenal sekali, banyak wisatawan berkunjung kesana untuk menikmati suasana yang sejuk dan asri penuh dengan ketenangan, jadi sangat cocok bagi Anda yang mengidam-idamkan liburan dengan suasana tenang.

Oh ya bagi Anda yang baru mendengar tempat wisata  ini, pasti Anda mengira kalau disana terdapat goa yang dihuni oleh gajah-gajah. Memang disana terdapat Goa, namun tidak ada gajah disana. Bayangkan kalau gajah tinggal di Goa akan jadi seperti apa heheheheh.

Penasaran kan tentang  ini? Oke langsung saja simak ulasan saya berikut ini :

Baca Juga Pura Goa Lawah Klungkung dengan ribuan kelelawar

Wisata Goa Gajah Ubud Bali

Wisata Goa Gajah Ubud Bali
Mulut Goa Gajah Ubud Bali
Walaupun namanya Gua Gajah, tetapi tempat ini sama sekali tidak ada gajah. Goa ini dijadikan sebagai tempat wisata karena melihat keindahan dan sejarahnya yang membuat orang-orang penasaran. Konon katanya, Goa Gajah ini sudah ada sejak abad ke-11 masehi.
Tempat ini terkenal karena suasananya yang tenang dan asri ketika kita sudah berada didalam area goa. Hal itu karena dulunya tempat ini adalah tempat yang digunakan untuk bertapa. Hal itu dibuktikan dengan adanya ceruk yang digunakan untuk bertapa.
Sebelum mengulas lebih dalam tentang Goa Gajah Bali ini, kita bahas terlebih dahulu bagian luarnya. Nah setelah kira-kira menempuh perjalanan sekitar 26 km dari Denpasar Bali, Anda akan sampai di tempat ini.
Dari areal parkir, Anda harus menuruni anak tangga untuk sampai ke Goa Gajah Bali. Lokasinya yang dikelilingi oleh pohon-pohon besar membuat suasanan disekitar area tersebut menjadi sejuk dan asri. Konon katanya, pohon di area tersebut sudah berusia ratusan tahun. Dalam perjalanan menuju goa, Anda akan menjumpai pancuran arca dan beberapa bangunan yang hancur akibat gempa bumi.
Lokasi pancuran arca tadi tidak terlalu jauh dari lokasi Goa Gajah Ubud. Sesampainya di depan Goa Gajah Anda akan disambut oleh bangunan masuk ke Goa dengan ukiran-ukiran disampingnya serta 2 patung disamping kanan dan kiri yang seolah seperti sedang menjaga area goa tersebut.
Pintu masuk goa hanya cukup untuk satu orang saja. Bagian dalam goa gajah sendiri memiliki bentuk huruf T dengan tinggi sekitar 2 meter dan lebar 2 meter. Bagian kiri dan kanan terdapat ceruk yang mungkin dulunya digunakan untuk bertapa.
Bagian kiri goa terdapat 3 buah lingga sedangkan bagian kanan goa terdapat patung Ganesha yaitu sebuah patung berbadan manusia dan berkepala gajah. Mungkin hal itulah yang membuat Goa ini dinamai Goa Gajah.
Keindahan Goa Gajah Ubud Bali
3 Buah Lingga dikiri Goa
Selain itu disekitar goa, juga terdapat patung petirtaan dengan tujuh patung widyadara–widyadari yang sedang memegang air suci. Total patungnya ada tujuh, yang merupakan symbol dari tujuh sungai di India, tempat kelahiran agama Hindu dan Budha.
Suasana didalam goa sendiri sangat tenang, hening dan kurang pencahayaan. Hal itulah yang membuktikan kalau tempat ini dulunya dijadikan sebagai tempat untuk meditasi atau bertapa.

Lokasi Goa Gajah Ubud Bali

Sejarah Goa Gajah Ubud Bali
Patung Memegang Air Suci
Goa Gajah Ubud berlokasi di sebelah barat Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar dengan jarak tempuh sekitar 26 km dari Kota Denpasar. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat peta dibawah ini :

Obyek Wisata Goa Gajah Bali buka pada jam 08.00 sampai 17.00 WITA. Untuk masuk Anda akan dikenai biaya sebesar :

  • Rp. 15.000/orang
  • Parkir Rp. 5.000/mobil
Sekian dari saya tentang Goa Gajah Ubud Bali, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel di menujubali.com ya.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply