Pura Uluwatu Wisata Bali Selatan – Sejarah Letak dan Keindahan

Category : bali selatan, pura, tempat wisata
Pura Uluwatu Wisata Bali Selatan – Sejarah Letak dan Keindahanby siroton.Pura Uluwatu Wisata Bali Selatan – Sejarah Letak dan KeindahanHai semua, kali ini saya ingin berbagi ulasan tentang Pura Uluwatu, yaitu wisata Bali Selatan yang sarat akan sejarah dan keindahannya. Hal itulah yang membuat wisatawan-wisatawan baik dalam maupun luar negeri berbondong-bondong berkunjung ke Pura Uluwatu ini. Lokasi berdirinya Pura Uluwatu ini terbilang sangat unik dan agak extreme ya. Bangunan pura ini berdiri diatas bukit […]

Hai semua, kali ini saya ingin berbagi ulasan tentang Pura Uluwatu, yaitu wisata Bali Selatan yang sarat akan sejarah dan keindahannya. Hal itulah yang membuat wisatawan-wisatawan baik dalam maupun luar negeri berbondong-bondong berkunjung ke Pura Uluwatu ini.

Lokasi berdirinya Pura Uluwatu ini terbilang sangat unik dan agak extreme ya. Bangunan pura ini berdiri diatas bukit yang cukup terjal dan menjorok ke laut. Letaknya yang unik itu mungkin menjadi daya tarik dari Pura ini.

Menurut sejarah, konon pura Uluwatu ini dibangun sekitar abad ke-11 masehi oleh Mpu Kuturan. Sejarah terbentuknya Pura Uluwatu ini sendiri cukup menarik untuk Anda simak sebelum Anda memutuskan untuk berkunjung kesana. Penasaran kan tentang Pura Uluwatu ini? Simak ulasan dari saya berikut ini…

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata Bali Selatan dan Wisata Pura Tanah Lot Bali

Sejarah Pura Uluwatu Bali

Sejarah Pura Luhur Uluwatu Bali
Pura Uluwatu adalah candi laut Bali di Uluwatu . Candi ini dianggap sebagai salah satu Sad Kahyangan dan didedikasikan untuk Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Rudra. Pengertian tersebut saya kutip dari wikipedia.
Sekilas sejarah Pura Uluwatu Bali. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pura ini sudah ada sejak abad ke-11 yang dibangun oleh Mpu Kuturan. Sekitar abad ke-16, Dang Hyang Nirartha, seorang penyebar agama Hindu dari Jawa Timur memutuskan untuk moksa (menyatu dengan atau kembali keharibaan dewata) di pura ini. Dalam bahasa setempat moksa juga disebut ngeluhur. Itulah sebabnya, dalam http://id.wikipedia.org disebutkan, nama Pura Uluwatu kemudian dilengkapi dengan kata luhur, menjadi Pura Luhur Uluwatu.

Pura Luhur Uluwatu memiliki beberapa pura pesanakan atau istilah gampangnya masih memiliki hubungan erat dengan pura induk. Pura-pura pesanakan tersebut antara lain Pura Bajurit, Pura Pererepan, Pura Kulat, Pura Dalem Selonding, dan Pura Dalem Pangleburan. Pura-pura ini memiliki hubungan secara langsung dengan Pura Luhur Uluwatu pada saat Piodalan, yaitu pemujaan terhadap Sang Hyang Widi yang berlangsung setiap 210 hari, pada hari Selasa Kliwon Wuku Medangsia.

Baca Juga : Wisata Pura Ulun Danu Bratan

Wisata Pura Luhur Uluwatu Bali

Keindahan Pura Uluwatu Bali
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Pura Luhur Uluwatu ini memiliki keunikan yang membedakannya dengan pura-pura lain. Tempatnya yang cukup extreme dan memiliki view yang cantik membuat banyak wisatawan ingin berkunjung dan menikmati keindahan pura Uluwatu Bali.
Lokasinya berada diatas bukit karang setinggi kurang lebih 97 meter diatas permukaan laut membuat tempat ini selain dijadikan tempat sakral untuk beribadah, juga dijadikan tempat untuk menikmati keindahan alam di sekitar area Pura.
Wisata Pura Uluwatu Bali ini menjadi tempat yang sangat recommended untuk Anda yang ingin menikmati liburan spiritual dengan suasana yang nyaman. Untuk masalah fasilitas disana sudah cukup lengkap. Area parkir yang luas, toilet, restoran, penginapan terseia disana. Jadi Anda tidak perlu khawatir masalah fasilitas.
Sebelum Anda sampai di area Pura, Anda harus melewati jalan setapak terlebih dahulu yang cukup panjang. Disana Anda akan disuguhi pemandangan yang indah disebelah kanan maupun kiri Anda. Jadi perjalanan Anda tidak akan terasa.
Seperti layaknya pura-pura lainnya, sebelum Anda masuk kedalamnya Anda diwajibkan untuk memakai kain khusus sebagai tanda penghormatan terhadap tempat itu sendiri. Selain daya tarik pemandangan tadi, disana Anda juga bisa melihat pertunjukan Tari Kecak yang mana menjadi salah satu tarian yang cukup terkenal di Bali.
Tari Kecak Uluwatu ditarikan oleh 50 hingga 100 orang penari yang duduk melingkar dan memakai kain sarung berwarna hitam putih. Bagi Anda yang ingin menonton pertunjukkan tari kecak Uluwatu ini Anda harus datang pada pukul 18.00 sampai 19.00 WITA.

Baca Juga : Wisata Pura Besakih Bali

Lokasi Pura Uluwatu Bali

Tari Kecak Pura Uluwatu
Pura Uluwatu terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali. Jarak yang ditempuh dari Bandara Ngurah Rai ke Uluwatu Bali, sekitar 30 menit ke arah selatan dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.
Untuk lebih jelasnya bisa lihat peta dibawah ini…

 

 

Baca Juga :

Tempat Wisata di Bali Selain Pantai Kuta
Ini Dia, 6 Spot Terbaik Melihat Sunrise di Pulau Bali !!
Toko Krisna – Pusat Oleh Oleh Bali Buka 24 Jam
Tempat Wisata Bali Unik Terbaru dan Instagramable.!!
5 Bukit di Bali Yang Paling menakjubkan

Author: 

Related Posts

Leave a Reply