Sejarah Pura Besakih Bali, Lihat Keindahan Pura Terbesar di Bali

Category : bali timur, pura, tempat wisata
Sejarah Pura Besakih Bali, Lihat Keindahan Pura Terbesar di Baliby siroton.Sejarah Pura Besakih Bali, Lihat Keindahan Pura Terbesar di BaliHai whats up guys apa kabar nih? Semoga semuanya sehat selalu ya. Kali ini tim Menujubali.com ingin berbagi artikel tentang sejarah Pura Besakih Bali yang mana menjadi Pura terbesar yang ada di pulau Dewata Bali. Pura Besakih ini merupakan tempat beribadah bagi umat Hindu yang dibangung sejak dahulu. Disana tidak hanya terdapat satu pura saja, […]

Hai whats up guys apa kabar nih? Semoga semuanya sehat selalu ya. Kali ini tim Menujubali.com ingin berbagi artikel tentang sejarah Pura Besakih Bali yang mana menjadi Pura terbesar yang ada di pulau Dewata Bali.

Pura Besakih ini merupakan tempat beribadah bagi umat Hindu yang dibangung sejak dahulu. Disana tidak hanya terdapat satu pura saja, melainkan ada banyak sekali pura-pura lain yang membuat areanya menjadi luas. Itulah yang membuat Pura Besakih Bali ini menjadi Pura Terbesar.

Terdapat 1 pusat Pura yang bernama Pura Penataran Agung Besakih dan 18 Pura pendamping yang berdiri disekitar Pura utama tadi. Ke-18 pura pendamping tadi terdiri dari 1 buah Pura Basukian dan 17 pura lainnya. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin hunting foto bersama keluarga atau pasangan Anda. Disana Anda akan menjumpai spot-spot menarik yang pastinya membuat gambar Anda akan terlihat lebih cantik nantinya.

Nah untuk lebih jelas lagi tentang sejarah Pura Besakih Bali ini, simak ulasan dari saya dibawah ini:

Wisata Pura Lainnya : Pura Ulun Danu Bratan Bali

Sejarah Pura Besakih Bali

Sejarah Pura Besakih Bali
Pada zaman dahulu, daerah tempat pura ini berdiri adalah sebuah hutan belantara dengan kayu-kayuan yang sangat rimbun. Sebelum terbentuknya selat Bali, pulau Bali dan pulau Jawa masih menjadi satu. Nama dari pulau tersebut adalah Pulau Panjang atau Pulau Dawa.
Di suatu tempat di Jawa Tmur terdapat seorang pertapa yang namanya Resi Markandeya. Ia mendapat julukan Bhatara Giri Rawang karena kesucian rohaninya dan juga kebijaksanaannya. Awalnya ia bertapa di Gunung Demulung dan kemudian di Gunung Hyang. Gunung Hyang sendiri konon katanya aalah Gunung Dieng yang ada di Jawa Tengah sekarang ini.
Setelah lama bertapa, ia mendapat titah dari Hyang Widhi Wasa untuk merabas hutan di pulau Dawa. Ia bersama pengikutnya diberi perintah tersebut. Kemudian setelah selesai, Hyang Widhi memerintahkan agar tanah tersebut dibagi-bagikan kepada para pengikut Resi Markandeya.

Resi Markandeya dan para pengikutnya kemudian melaksanakan perintah tersebut. Ia membawa 8000 orang dengan perlengkapan dan peralatan yang lengkap. Setelah sampai ditujuan, ia mulai memerintahkan untuk merambas hutan. Namun, ketika melakukan hal tersebut, banyak pengikutnya yang mati karena sakit dan dimakan binatang buas.

Keindahan Pura Besakih Bali

Kemudian beliau mengajak para pengikutnya yang tersisa untuk pulang ke pulau Jawa. Setelah itu ia kembali melakukan pertapa untuk meminta petunjuk kepada Hyang widhi. Kemudian muncul keinginan untuk melaksanakan tugas tersebut lagi. Setelah itu ia bersama 4000 pengikutnya yang berasal dari desa Aga pergi menuju ke Bali untuk melanjutkan tugasnya.

Setelah sampai, ia tidak langsung melakukan pembabatan hutan, melainkan melakukan tapa yoga semadi bersama dengan para yogi lainnya dan mempersembahkan upakara yadnya, yaitu Dewa Yadnya dan Buta Yadnya. Setelah selesai barulah ia menyuruh para pengikutnya untuk mulai bekerja.

Wisata Pura Besakih Bali

Tanah-tanah yang sudah selesai di rabas kemudian dibagi-bagikan kepada para pengikutnya untuk dijadikan lahan pertanian, perumahan dan tegal. Itulah pengikut Resi Markandya yang berasal dari Desa Aga menetap di tempat tersebut hingga sekarang. Di lokasi awal perambasan diberi kendi berisi air disertai 5 jenis logam yaitu emas, perak, perunggu, tembaga dan besi yang disebut Panca Datu dan permata Mirahadi.

Ia dan para pengikutnya hidup tentram didaerah tersebut. Kemudian lambat laut ditempat tersebut kemudian dibangun pura yang diberi nama Pura Basukian yang menjadi cikal bakal berdirinya pura-pura lainnya yang ada di area pura utama tadi. Menurut beberapa pendapat, sejarah Pura Besakih Bali ini telah ada sejak Isaka 85 atau tahun 163 Masehi.

Baca juga : Wisata Bali Bagian Timur

Lokasi Pura Besakih Bali

Alamat Pura Besakih ini di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Untuk lebih jelasnya bisa langsung lihat peta dibawah ini:

Author: 

Related Posts

Leave a Reply