17 Tempat Wisata di Ubud Terpopuler Wajib Dikunjungi

Category : bali selatan, tempat wisata
17 Tempat Wisata di Ubud Terpopuler Wajib Dikunjungiby siroton.17 Tempat Wisata di Ubud Terpopuler Wajib DikunjungiHai semua, pada artikel ini saya akan berbagi informasi tentang tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi oleh Anda yang ingin menikmati liburan di Ubud Bali ini. Memang tidak bisa dipungkiri, Bali adalah surga dari tempat wisata, tersebar banyak sekali tempat wisata yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi, salah satunya ya tempat wisata di […]

Hai semua, pada artikel ini saya akan berbagi informasi tentang tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi oleh Anda yang ingin menikmati liburan di Ubud Bali ini. Memang tidak bisa dipungkiri, Bali adalah surga dari tempat wisata, tersebar banyak sekali tempat wisata yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi, salah satunya ya tempat wisata di Ubud yang akan saya bagikan ini.

Ubud sendiri memang menjadi salah satu daerah yang terkenal di Bali. Banyak wisatawan baik lokal dan mancanegara mengetahui tempat ini. Hal itu karena disini terdapat tempat wisata yang cukup menarik untuk dinikmati dan mungkin cukup sulit ditemui ditempat lainnya.

Ubud menjadi daerah yang sangat indah dan juga kebudayaan yang sangat kental sekali. Tak ayal banyak orang berkunjung untuk menikmati keindahan alam maupun keindahan budayanya. Banyak sekali lokasi yang menyimpan keindahan dan juga kebudayaan yang khas. Jadi, tempat wisata di Ubud ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur menikmati keindahan alam dan kebudayaan khas Bali.

Oke tidak usah berlama-lama, langsung saja simak tempat wisata Ubud yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata di Ubud Wajib Dikunjungi

 
#1. Pasar Seni Ubud (Lebih Lengkap Tentang : Daya Tarik Pasar Seni Ubud)
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, daerah Ubud ini kaya akan kebudayaan khas Bali, salah satu buktinya yaitu Pasar Seni Ubud ini. Disana Anda bisa menemukan segala sesuatu khas Bali yang mungkin akan sulit Anda dapatkan selain di pasar ini.
Tempat Wisata di Ubud BaliPasar Seni Ubud ini menjual berbagai macam cinderamata khas Bali, mulai dari kalung, gantungan kunci, aksesoris-aksesoris, tas khas Bali dan masih banyak lagi. Harga disana juga bisa ditawar kok, jadi Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang menurut Anda sesuai dengan harga pasaran lainnya, tentunya dengan skill menawar yang hebat.
Pasar seni Ubud terletak di pusat kota Ubud, tepat di depan Puri Agung Ubud yaitu bangunan pemerintahan kerajaan Ubud pada zaman dulu. Letaknya yang sangat strategis yaitu di pusat Kota membuat Pasar Seni ini tidak pernah sepi pengunjung, setiap harinya banyak orang berdatangan untuk membeli oleh-oleh khas Bali disana. Pengunjung akan semakin banyak menjelang siang hari, jadi bagi Anda yang ingin berkunjung kesana ada baiknya untuk datang lebih pagi lagi.
Oh ya sedikit informasi, tempat ini juga pernah dijadikan setting film berjudul Eat, Pray, Love yang dibintangi oleh Julia Roberts.
#2. Ubud Monkey Forest (Lebih Lengkap : Wisata Ubud Monkey Forest Bali)
Tempat wisata Ubud yang populer lainnya adalah Ubud Monkey Forest. Dari namanya saja kita sudah bisa tahu kalau tempat wisata ini terdapat binatang monyet. Ya Anda tepat sekali, wisata ini terletak di hutan monyet yang masuk dalam hutan lindung yang dihuni oleh banyak monyet.
Tempat Wisata Ubud BaliLokasinya berada di Jalan Monkey Forest, Ubud dengan postal code atau kode pos 80571. Di area hutan lindung ini terdapat sebuah pura yang sangat sakral sekali bagi umat Hindu Bali. Disana Anda akan disambut dengan udara yang sangat sejuk dan bebas polusi, hal itu karena area ini masih sangat alami dan sangat dijaga oleh penduduk setempat.
Pohon-pohon tinggi menjulang membuat keindahan dari tempat ini semakin bertambah, apalagi ditambah dengan monyet-monyet yang bergelantungan dan melompat kesana kemari. Monyet-monyet disini cukup agresif ketika lapar, mereka mungkin akan mendekati Anda ketika Anda membawa makanan. Jika Anda merasa terganggu atau takut, ada baiknya untuk datang pada pukul 2 siang, karena saat itu monyet-monyet sudah cukup kenyang sehingga tidak terlalu aktif bergerak.
#3. Goa Gajah (Elephant Cave) (Lebih Lengkap : Wisata Goa Gajah Ubud Bali)
Setelah tadi ada Hutan Monyet, sekarang ada lagi nih tempat wisata di Ubud yang bernamakan nama hewan yaitu gajah. Goa Gajah ini adalah hasil karya manusia, jadi bukan hasil bentukan alam. Dibentuk sekitar abad kesembilan dan masih berdiri kokoh hingga sekarang ini.
Wisata Goa Gajah Ubud BaliPintu masuk dari goa gajah ini berbentuk cukup unik dan bikin merinding juga. Ya berentuk mulut setan, jadi bisa dianalogikan ketika kita memasuki goa tersebut, seakan kita sedang masuk kedalam mulut setan. Hih ngeri…
Selain itu, suasanan gelap juga akan menyelimuti perjalanan Anda ketika masuk kedalam goa ini. Ditambah aroma khas dupa yang akan membuat perjalanan Anda lebih menarik. Tempat ini konon juga dijadikan sebagai tempat untuk bertapa. Disamping pintu masuk Goa tadi terdapat 2 patung yang seperti sedang menjaga area goa tersebut. Namun cukup disayangkan, salah satu dari keduanya sudah kehilangan kepala.
Pemandangan cukup menarik juga bisa Anda dapatkan disana. Tapi sebelum itu, Anda harus membayar tiket dan menyewa kain sarug karena Anda masuk kedalam area pura.
#4. Arma Ubud
Tempat wisata Ubud yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah ARMA Ubud. ARMA itu apa sih? Mungkin itu yang Anda tanyakan jika pertama kali mendengar tempat ini. Jadi ARMA adalah sebuah singkatan, yaitu Agung Rai Museum Art atau Museum Seni Agung Rai dalam bahasa Indonesia.
Tempat Wisata Ubud Wajib DikunjungiYa ARMA adalah sebuah museum. Bagi Anda yang ingin mengenal budaya Bali lebih dalam lagi, tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Anda bisa menemukan berbagai masam seni dan budaya khas Bali. Anda bisa melihat berbagai koleksi karya seni khas buatan orang Bali, seperti misalnya koleksi karya I Gusti Nyoman Lempat, Ida Bagus Made dan masih banyak seniman lainnya.
Museum Seni Agung Rai ini dibangun oleh Agung Rai, seorang penduduk asli Bali yang mengabdikan hidupnya untuk melestarikan berbagai macam karya seni khas Bali. Disini Anda bisa melihat berbagai lukisan-lukisan dan berkesempatan untuk menikmati pertunjukan teater, musik dan juga tari-tariam khas Bali.
#5. Pura Taman Saraswati Ubud (Tari Kecak)
Bali memang sangat terkenal dengan tari-tariannya, salah satunya adalah tarik kecak ini. Banyak sekali tempat yang menyediakan pertunjukan tari kecak ini, tapi ada satu tempat yang sangat saya rekomendasikan untuk Anda, yaitu Pura Taman Saraswati Ubud ini.
Disana terdapat banyak kolam dengan bunga teratainya yang indah. Hal itulah yang membuat tempat ini cukup nyaman. Pertunjukan tarinya sendiri dilakukan dipanggung yang disusun ditengah dikelilingi kolam-kolam tadi. Untuk bisa menikmati pertunjukan tari kecak ini, Anda harus berkunjung pada hari Kamis mulai pukul 19.30 WITA.
#6. Puri Saren Ubud (Tari Legong Mahabharata)
Setelah sebelumnya ada tari kecak, selanjutnya ada tari Legong Mahabharata. Anda bisa melihat pertunjukan tari ini di Puri Saren Ubud pada hari minggu mulai pukul 19.30 waktu setempat dan berakhir pukul 9 malam. Tidak hanya tari Legong Mhabharata saja yang ditampilkan, melainkan ada tarian-tarian lain yang dipentaskan setiap harinya ditempat ini.
 
#7. Nyuh Kuning Village
Tempat wisata di Ubud terpopuler selanjutnya adalah desa Nyuh Kuning. Desa ini sangat kental sekali dengan kebudayaan khas Bali dan masih dipertahankan hingga sekarang. Banyak wisatawan yang menyukai tempat ini. Tempat yang nyaman dan masih sangat alami ini memang membuat siapa saja yang berada disana betah dan ingin berlama-lama disana.
Wisata Nyuh Kuning VillageKawasan desa ini cukup strategis, yaitu berada di belakang Hutan Monyet yang sudah saya jelaskan diatas tadi. Selain itu, terdapat hotel dan resort untuk menginap dan juga restoran-restoran yang menghidangkan masakan yang sangat enak pastinya. Selain itu, disana juga sering diadakan pertunjukan-pertunjukan budaya khas Bali dan Anda bisa menikmatinya secara cuma-cuma alias gratis.
Jadwal pertunjukan :
Barong dan Kris Dance : Hari Rabu pukul 20.00 – 20.45
Frog Dance : Hari Sabtu pukul 20.00 – 20.45
Joged dan Children Dance : Hari Kamis pukul 20.00 – 20.45
Kecak dan Fire Dance : Hari Senin pukul 20.00 – 20.45
 
#8. Pura Kehen Ubud
Selanjutnya ada Pura Kehen. Pura ini terletak di Jalan Sriwijaya, Bangli, tepat disebelah utara pusat Kota Bangli atau sekitar 30 menit dari Ubud. Banyak yang mengatakan kalau pura Kehen ini menjadi salah satu pura berbentuk candi yang paling menarik.
Umur dari pura ini sendiri sudah sangat tua, namun keindahannya masih sangat terjaga hingga sekarang. Ukiran-ukiran yang dibuat dengan detail dan teliti membuat pura ini semakin cantik dan enak dipandang mata. Konon katanya, pura ini sudah ada sejak tahun 1206 dengan menru tertinggi dengan 11 tingkatan. Area ini merupakan area suci, jadi Anda harus menjaga perilaku Anda. Selain itu, Anda juga harus memakai kain sarung yang bisa Anda sewa disana.
 
#9. Tirta Empul Ubud
Wisata Tirta Empul UbudTempat wisata di Ubud selanjutnya adalah Tirta Empul Ubud. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merileks-kan badan Anda, karena disana terdapat air panas yang bisa Anda nikmati. Tirta Empul ini terletak di desa Tampaksiring sekitar 20 km timur laut Ubud.
Tempat ini dijadikan sebagai tempat untuk membersihkan diri baik kebersihan fisik maupun kebersihan rohani. Selain untuk membuat tubuh kita rileks, penyakit kulit Anda mungkin juga bisa sembuh setelah berendam disana. Jadi silahkan dicoba.
 
#10. Gunung Kawi Ubud
Tempat menarik di Ubud lainnya adalah Gunung Kawi. Lokasi ini menjadi tempat wisata yang sangat populer di daerah Ubud karena pemandangan cantik yang tersaji disana. Letaknya di Tampaksiring, sekitar 18 km timur laut Ubud.
Tempat Wisata Ubud BaliTempat ini merupakan kompleks pemakaman Raja Anak Wungsu dan istri-istrinya yang dibuat sekitar abad ke-11. Untuk sampai ditempat ini, Anda harus menempuh perjalanan yaitu dengan menuruni 371 anak tangga. Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan persawahan yang sangat indah, jadi rasa lelah Anda mungkin tidak akan terasa.
Gunung Kawi sendiri adalah bangunan candi yang dipahat pada dinding batu sekitar 7 meter tingginya. Untuk tiket masuknya Anda akan dikenai biaya sebesar Rp.15.000.
#11. Campuhan Ridge Walk
Jika Anda suka dengan liburan bernuansa alam bebas, Campuhan Ridge Walk ini adalah tempat wisata di Ubud yang sangat cocok untuk Anda. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang jauh dari hiruk pikuk keramaian. Jadi selain cocok untuk Anda yang suka alam bebas, juga cocok untuk yang suka ketenangan.
Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 9 km dengan melewati lembah subur dari Sunagi Wos dan hamparan sawah hijau dengan pemandangan Gunung Agung.
#12. Puri Saren Agung Ubud
Wisata di Ubud BaliBangunan istana megah ini menjadi salah satu tempat wisata populer di Bali. Arsitektur bangunan ini masih dipertahankan hingga sekarang ini. Di depan juga terdapat pendopo yang dijadikan sebagai tempat untuk ajang pentas seni. Puri Saren Agung Ubud berlokasi di Jalan Raya Ubud, merupakan bekas istana raja Ubud yang digunakan hingga sekitar tahun 1940, bahkan sekarang ini masih ada keturunan kerajaan yang tinggal di Puri tersebut.
Lokasinya yang strategis membuat puri ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Puri ini letaknya tidak jauh dari Pasar Ubud dan tempat pertunjukan kesenian sekitar sana.
#13. Ayung Rafting
Bagi Anda yang suka dengan olah raga air Rafting, sungai Ayung adalah tempat yang pas untuk Anda kunjungi jika berada di Ubud. Sungai ini tergolong sungai yang cukup aman untuk kegiatan ini, jadi sangat cocok bagi Anda seorang pemula atau bahkan baru mencoba kegiatan ini.
Anda bisa menikmati keindahan alam sekitar mulai dari pepohonan hijau yang sangat rindang, hamparan persawahan, perbukitan dan view lain yang enak dipandang mata. Ditengah-tengah perjalanan, Anda akan melihat karya seniman Bali berupa ukiran relief Ramayana di tebing batu.
#14. Terasering Sawah Tegallalang
Tempat Wisata Ubud yang Wajib DikunjungiPemandangan sawah memang menjadi salah satu pemandangan yang umum di Bali. Salah satunya adalah pemandangan di Desa Tegallalang yang berupa sawah hijau dan bertingkat-tingkat atau terasering. Tempat wisata di Ubud ini sangat cocok bagi Anda yang sedang hunting foto pemandangan alam.
Wisatawan luar sangat menyukai obyek wisata ini, mungkin karena disana tidak ada pemandangan yang seperti ini. Jika Anda tidak ingin berkeliling disana, Anda bisa singgah di warung atau restoran yang tersedia disana.
#15. Museum Puri Lukisan (Lebih Lengkap Tentang : Museum Puri Lukisan Bali)
Tempat wisata di Ubud selanjutnya adalah museum Puri Lukisan. Bagi Anda pecinta lukisan, tempat ini wajib Anda kunjungi, karena disana terdapat banyak sekali lukisan karya pelukis lokal yang akan membuat Anda berdecak kagum. Museum ini sudah ada sejak 1950 dan banyak menyimpan koleksi terbaik lukisan dari berbagai sekolah seni yang ada di pulau Bali.
Selain melihat lukisan, Anda juga bisa mengetahui tentang aliran seni di Bali, mulai dari awal bertransformasi dari corak tradisional hingga corak modern yang dipelopori oleh seniman lukis Ubud.
#16. Menikmati Kopi Bali
Bagi para pecinta kopi atau Coffe Lovers, Ubud adalah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi. Selain bisa menikmati kopi khas Bali, Anda juga bisa melihat proses memetik kopi dan juga bisa melihat proses pembuatannya. Anda bisa langsung ke kebun kopi yang ada disana.
Disana Anda bisa menikmati kopi dan teh secara gratis di kedai-kedai yang ada disana. Ada 8 jenis kopi yang bisa Anda nikmati secara cuma-cuma, yaitu kopi bali, arabica, kopi kelapa dan lainnya. Namun ada satu kopi yang jika ingin mencicipinya Anda harus membayar terlebih dahulu.
Ya kopi luwak namanya. Anda harus membayar Rp.50.000 per cangkir kecil untuk menikmati kopi luwak ini. Kopi jenis ini memang cukup mahal karena rasanya berbeda dengan kopi lainnya. Kopi ini sangat enak jika disajikan dengan cara yang benar.
#17. Resto Bebek Bengil Ubud
Sebagai tambahan saja, tempat yang Anda bisa kunjungi wisata di Ubud selanjutnya adalah Resto Bebek Bengil yang sudah terkenal di daerah Ubud. Resto ini sudah berdiri sejak 1990 dan memberikan sajian bebek bengil yang sangat enak pastinya. Lokasinya berada di Jalan Hanoman, Padangtegal, Ubud, Kecamatan Gianyar, Bali. Nomer teleponnya +62 361 975 489
Nah itu dia 17 tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi. Semoga artikel dari saya ini bermanfaat bagi Anda yang bingung memilih tempat wisata ubud mana yang cocok dengan Anda. Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat ya. Terima kasih.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply