Jangan Lewatkan, 13 Tempat Wisata di Bali Selain Pantai

Category : tempat wisata
Jangan Lewatkan, 13 Tempat Wisata di Bali Selain Pantaiby siroton.Jangan Lewatkan, 13 Tempat Wisata di Bali Selain PantaiWisata di Bali selain pantai – Tempat wisata di Bali memang tak pernah habis memberi kejutan. Hadirnya spot baru dengan panorama memukau, membuat nama Bali kian menggoda untuk dikunjungi. Meski demikian, banyak wisatawan yang mengenal Bali hanya sebatas Pantai Kuta atau Pantai Pandawa. Padahal ada begitu banyak wisata menarik yang sangat rekomended untuk dikunjungi. Terlebih […]

Wisata di Bali selain pantai – Tempat wisata di Bali memang tak pernah habis memberi kejutan. Hadirnya spot baru dengan panorama memukau, membuat nama Bali kian menggoda untuk dikunjungi. Meski demikian, banyak wisatawan yang mengenal Bali hanya sebatas Pantai Kuta atau Pantai Pandawa. Padahal ada begitu banyak wisata menarik yang sangat rekomended untuk dikunjungi. Terlebih beberapa waktu belakangan muncul banyak wisata baru di Bali yang sedang hits di kalangan para travelers.

Nah, kalau kamu jalan-jalan ke Bali, jangan ke tempat-tempat mainstream aja. Berikut kita rangkum buat kamu wisata di Bali selain pantai yang bisa sobat kunjungi

 

1. Kintamani

Tempat wisata Kintamani di Bali
Kawasan pariwisata Kintamani lokasinya berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Perjalanan menuju objek wisata Kintamani dari kota Denpasar, sekitar 2 jam dengan kendaraan bermotor atau sekitar 79,9 kilometer dari Bandara Udara Ngurah Rai.

Di tempat wisata Kintamani tersedia tempat pemandian air panas alami, nama tempatnya pemandian air panas Toya Bungkah Kintamani. Lokasi dari tempat wisata Kintamani, berdekatan dengan tempat wisata sawah terasering Tegalalang Ubud.

Ada beberapa daya tarik obyek wisata Kintamani Bali, yang membuat wisatawan sangat menyukai liburan ke Kintamani yaitu karena Udaranya masih  segar dan sejuk yang merupakan daerah ciri khas pegunungan.

Anda juga bisa menikmati pemandangan indah danau Batur dan gunung Batur sambil menikmati makanan buffet di salah satu restoran di Kintamani

 

2. Garuda Wisnu Kencana

 

Garuda Wisnu Kencana tempat wisata wajib dikunjungi saat liburan di bali
Areal Garuda Wisnu Kencana Bali juga tersedia banyak fasilitas hiburan lainnya diantaranya adalah Pementasan tari kecak Bali di sore hari, Pertujukan film animasi, Aktivitas mengendarai Segway di Garuda Wisnu Kencana.

Jika anda ingin menyaksikan Atraksi parade Kecak di tempat ini bisa datang sekitar pukul 18:00 – 18:30 waktu sore menjelang malam.

Daya tarik dari GWK Bali terletak pada patung megah Garuda dan patung dewa Wisnu. Selain dapat melihat patung dalam ukuran besar. Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan – Jimbaran, Bali.

 

3. Danau Beratan Bedugul Bali

Objek wisata Danau Bedugul Bali
Danau Bratan adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau yang terletak paling timur di antara dua danau lainnya yaitu Danau Tamblingan dan Danau Buyan, yang merupakan gugusan danau kembar di dalam sebuah kaldera besar, Danau Bratan terbilang cukup istimewa.

Berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar-Singaraja serta letaknya yang dekat dengan Kebun Raya Eka Karya menjadikan tempat ini menjadi salah satu andalan wisata pulau Bali. Disamping lokasi mudah dijangkau, Danau Bratan juga menyediakan beragam pesona dan akomodasi yang memadai.

Di tengah danau terdapat sebuah pura yaitu Pura Ulun Danu yang menjadi dayak tarik danau ini, yang dipercaya masyarakat setempat sebagai tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan.

 

4. Ubud Bali

Ubud Bali, salah satu tempat wisata di bali yang wajib di kunjungi
Ubud adalah sebuah tempat wisata yang berada di daerah kabupaten Gianyar, pulau Bali, Indonesia. Kawasan Ubud Bali sangat terkenal terutama oleh para wisatawan mancanegara karena lokasi terletak di antara sawah dan hutan yang terletak di antara jurang-jurang gunung yang membuat pemandangan alam sangat indah.

Selain itu juga Ubud dikenal sebagai daerah seni dan budaya yang berkembang sangat pesat dan maju di Bali, karena memang kehidupan masyarakat Ubud tidak bisa dpisahkan dari kesenian. Di Ubud Bali juga banyak terdapat galeri-galeri seni, serta arena pertunjukan musik dan tari yang digelar setiap malam secara bergantian di segala penjuru desa.

Lokasi Ubud berada di Kabupaten Gianyar, jika dari airport Denpasar kurang lebih jaraknya 40 kilometer, dan memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan untuk dapat mencapainya tempat ini.

5. Tukad Unda, Klungkung, Bermain Di Bawah Tirai Air

Tukad Unda, Tirai Air Yang Sangat Cantik
Kami sama sekali tak melebih-lebihkan jika mengatakan bahwa Tukad Unda yang berada di Klungkung amat sangat cantik!
Dalam bahasa lokal, Tukad artinya sungai sementara Unda artinya lapisan. Maka Tukad Unda bermakna sungai dengan air yang berlapis-lapis. Tempat ini dikenal karena wisata air seperti rafting dan juga kegiatan pertambangan dari masyarakat lokal.

Struktur di area ini bertingkat-tingkat dikarenakan adanya infrastruktur bangunan, sehingga aliran air yang jatuh dari atas menghadirkan pemandangan indah layaknya tirai air dan juga air terjun mini.

Tempat ini dinobatkan sebagai salah satu tempat terbaik untuk lokasi foto pre-wedding. Ajaklah pasangan ke sana jika Anda ingin mencari lokasi yang istimewa untuk sesi foto pre-wedding, atau sekadar ingin jalan-jalan.
Anda pasti akan dibuat takjub oleh foto-foto yang dihasilkan di lokasi memikat ini!

Untuk lokasi Tukad Unda jaraknya sekitar 62 Km dari Bandar Udara Ngurah Rai ke arah timur. Kira-kira waktu tempuh dari Bandar Udara Ngurah Rai ke Kawasan Tukad Unda sekitar satu setengah jam perjalanan. Objek wisata ini sangat dekat dari pusat kota Semarapura yakni sekitar 1,5km ke timur dari pusat kota Semarapura. Kawasan ini dapat terlihat dari jalan utama di kota Klungkung,jadi sangat mudah untuk ditemukan.

6. Air Terjun Banyumala, Buleleng

Air Terjun banyumala, Objek Wisata yang jarang Dijamah
Air Terjun Banyumala berada di lokasi Jl. Desa Pakraman Wanagiri, Sukasada, Sambangan, Buleleng, Bali 81161.Tidak mudah memang untuk menemukan air terjun ini, tapi tentu saja pemandangannya sebanding dengan usahanya.
Panorama air terjun kembar dengan curahan air tanpa henti melalui celah bebatuan siap untuk membuat Anda terkagum-kagum.

Nikmatilah gemuruh suara air di antara tetumbuhan hijau, pohon-pohon dan lembah saat Anda berendam di dalam airnya yang dingin dan sejuk. Jangan lupa untuk membawa kamera waterproof Anda, dan silakan mengabadikan keindahan air terjun ini sepuasnya.

Air Terjun Banyumala berada di Wanagiri dekat Danau Buyan. Mengingat lokasinya yang cukup terpencil, kami sarankan Anda menggunakan jasa warga setempat untuk memandu jalan.

 

7. Ngarai rahasia di Sukawati

 

Ngarai Rahasia di sukowati
Di dekat Pura Beji Guwang Sukawati terdapat sebuah ngarai yang sakral dan belum banyak diketahui orang. Pemandangan di sana sudah pasti akan membuat siapapun terpukau.seolah Ini adalah atraksi alam yang wajib dikunjungi oleh siapapun, baik itu seniman, fotografer, orang-orang kreatif, atau mereka yang hanya ingin mengagumi keindahannya.
Hal tergila soal ngarai ini adalah bahwa jika melihat lebih seksama, Anda akan menemukan bentuk-bentuk unik di permukaan dindingnya. Ada sosok tengkorak yang sedang menangis, bentuk wajah, bahkan juga singa!
Selain itu, warna warni ngarai ini sudah pasti juga akan membuat Anda terkagum-kagum.

Cobalah duduk di permukaan batu yang rata dan juntaikan kaki sambil mengagumi indahnya pemandangan di sana. Atau kalau Anda berani, silakan saja cari tahu sendiri sedalam apa air di ngarai ini (asal tetaphati-hati ya!).
Untuk menuju ke sana Anda harus ekstra berhati-hati karena harus melewati beberapa sungai berlumpur serta mendaki bebatuan yang licin.
Nikmati pengalaman seru di ngarai ini, dan jangan lupa juga untuk menikmati pemandangan indahnya.

Untuk mengunjungi tempat yang eksotis ini Tiket masuknya sangat murah, hanya sekitar Rp. 10.000 per Orang.

 

8. Air Terjun Tibumana

 

Air terjun Tibumana
Tadinya sih lokasi ini bisa dibilang terisolasi, namun belakangain ini Air Terjun Tibumana adalah salah satu tempat yang banyak dibicarakan.

Air Terjun Tibumana berlokasi di Susut Bangli, di mana terdapat 2 buah air terjun  yang mengalir dengan anggun seperti perisai di mulut gua.
Penduduk lokal memercayai bahwa gua tersebut adalah gerbang rahasia dari Pura Raja Besakih.

Masing-masing air terjun memiliki ketinggian 20 meter. Di bagian bawahnya terdapat kolam dangkal yang dikelilingi oleh batu besar dan berlumut. Hingga kini penduduk

setempat masih mengusahakan agar air terjun ini bisa dikembangkan menjadi obyek wisata andalan.
Saran kami sebelum Anda mengunjungi tempat ini adalah: Bawa kamera tahan air (atau setidaknya casing yang tahan air), karena Anda pasti ingin jeprat-jepret di sana.

 

9. Museum Bali

 

Museum Bali,
Museum yang terletak di Denpasar ini berupa bangunan gedung tua, tepatnya bersebelahan dengan Pura Agung Jagat Natha. Dari bandara, Anda ikuti saja jalan menuju pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Karena memasuki wilayah yang cukup padat kendaraan, kendaraan roda dua adalah pilihan terbaik. Museum hanya buka hari Minggu sampai Jumat. Untuk hari Minggu-Kamis, Anda dapat berkunjung pada pukul 08.00-15.00 WITA, dan untuk hari Jumat pada pukul 08.00-12.30 WITA. Museum tidak buka pada hari Sabtu dan tanggal merah. Harga tiket masuknya pun sangat murah, yakni Rp5.000,00. Namun jika Anda ingin menggunakan tempat ini sebagai lokasi prewedding, Anda harus membayar Rp150.000,00.

Museum ini bukan museum seni, melainan museum sejarah. Koleksi Museum Bali terdiri atas peralatan saat zaman prasejarah, peralatan upacara keagamaan dan adat, dan perkembangan seni dan budaa masyarakat Bali dari zaman ke zaman. Melalui museum ini, Anda akan dapat lebih mengenal budaya Bali pada setiap zaman.

 

10. Pura Gunung Kawi

 


Tempat wisata di Bali yang satu ini merupakan situs purbakala yang dilindungi dan berada di Kabupaten Gianyar. Yang menarik dari candi ini adalah bebatuan yang dibuat sebagai bahan dasar candi. Jika lazimnya candi dibuat menggunakan batuan utuh, maka tidak demikian dengan Pura Gunung Kawi. Pura ini terbuat dari pahatan di dinding tebing Sungai Pakerisan.

Pura ini merupakan tempat pemujaan bagi raja Bali yang bernama Anak Wungsu, putra Raja Udayana. Di samping itu, Pura Gunung Kawi juga digunakan sebagai pusat pelatihan spiritual dan keagamaan. Masyarakat Hindu juga menjadikan tempat ini sebagai tempat penyucian diri karena di sebelah selatan candi ada pertemuan aliran Sungai Bulan dan Sungai Pakerisan.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata Pura Gunung Kawi ini setiap hari dengan tiket seharga Rp10.000,00. Dari arah Denpasar, carilah rute menuju Gianyar melalui daerah Batubulan. Ikuti jalan sampai Anda menemukan jalan menuju Desa Mas. Anda bisa melihat penunjuk jalan atau bertanya pada masyarakat sekitar (atau manfaatkan saja teknologi GPS). Dari desa Mas, belok hingga bertemu persimpangan Desa Bedulu, lalu belok kiri. Ikuti jalan tersebut hingga kira-kira 5 km hingga menemukan Pasar Tampaksiring. Sekitar seratus meter di kanan jalan, Anda akan tiba di Pura Gunung Kawi.

11. Lakeside Cottages

 

Lakeside Cottage Bali
Untuk sejenak, lupakan dulu resort mewah dan pergilah ke Lakeside Cottages di Kintamani untuk menikmati betapa nyamannya berendam di kolam renang dalam suasana Bali yang sebenarnya.

Terletak di kaki Gunung Batur, tepatnya di Jl. Raya Toya Bungkah, Toya Bungkah, Kintamani, dengan harga terjangkau tempat ini memiliki pemandangan langsung ke danau lengkap dengan panorama pegunungan. Kolam renang yang tak terlalu luas ini adalah tempat terbaik untuk menikmati semua keindahan tersebut.Harganya mulai dari Rp400.000,- per malam untuk menginap disini

Langit yang indah, air kolam yang segar serta pemandangan Danau Batur yang menenangkan pasti akan menambah liburan Anda lebih relaks dan peaceful. Dengan minuman favorit di satu tangan dan kamera di tangan lain, Anda bisa bersantai dengan suasana Bali yang masih alami.

 

12. Rumah Bambu Pengalon

 

Berlokasi Banjar Pengalon, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali untukCara ke Sana, aksesnya cukup mudah dari Denpasar, belok ke kanan setelah SPBU di Yeh Malet (melewati Pura Goa Lawah). Persis sebelah kantor Desa Antiga Timur, lanjutkan perjalanan sekitar 400 meter lagi dari jalan raya Amlapura – Denpasar. Ikuti jalanan yang tidak beraspal dan Anda akan tiba di tempat ini

Percayalah, kami juga kaget saat melihat banyaknya hal yang bisa dilakukan di sekitar Candidasa. Rumah Bambu Pengalon adalah salah satu yang paling mencuri perhatian.
Meski tak pernah selesai dibangun, Rumah Bambu Pengalon adalah sebuah mahakarya arsitektur dari bambu yang benar-benar indah.

Awalnya, Rumah Bambu Pengalon ini direncanakan akan menjadi tempat diadakannya festival musik Bali Unite, namun karena terganjal perizinan akhirnya proyek tersebut mangkrak.
Meskipun demikian, hingga kini rumah bambu ini sudah telanjur terkenal di kalangan para wisatawan. Apalagi pemandangan di sekitarnya sangat indah, ditambah dengan adanya danau kecil yang bening dan cantik.

Walaupun agak sulit dicari, kami jamin usahanya sepadan dengan hasilnya karena tempat ini benar-benar sangat Instagramable.

13. Waterbom Bali

Taman air di Bali ini selama tiga tahun berturut-turut berhasil mendapatkan predikat sebagai waterpark terbaik di Asia dan kedua di dunia. Jadi tentu saja, keseruan berbagai wahana air di Waterbom Bali tidak diragukan lagi. Selain wahananya yang menarik, pemandangan di Waterbom Bali juga patut mendapat apresiasi. Taman tropis yang ditata sedemikian apik akan memanjakan mata Anda. Mulai pukul 09.00 sampai 18.00 WITA, pengunjung bisa mencoba seluruh wahana di atas lahan seluas 3,8 hektare ini. inipun bisa anda jadikan tempat wisata di bali selain pantai.

Bagi Anda penyuka permainan yang menguji adrenalin dapat menantang diri sendiri dengan wahana seperti ace track, super bowl, boogie ride, jungle rides, boomerang, climax, dan lain-lain. Untuk pengunjung dewasa lokal, Anda harus membayar sebesar Rp310.000,00 sementara anak-anak Rp265.000,00. Untuk mencapai lokasi ini dari bandara memang cukup mudah. Keluar dari kawasan banndara Ngurah Rai, ambil rute menuju Jalan Dewi Sartika, lalu terus ke Jalan Kartika. Waterbom Bali terletak di Jalan Kartika Plaza, Kuta, Bali.

Liburan ke Bali, artinya hidup Anda akan jauh lebih berwarna-warni dan penuh kesan.
Beristirahat dari gadget dan menikmati pemandangan yang indah memang perlu, tapi sungguh sayang bila Anda harus meninggalkan tempat cantik ini tanpa foto. Sekian dulu ya, terima kasih. Barangkali jika ada destinasi menarik yang lain selain pantai bisa sharing di kolom komentar.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply