21 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Category : tempat wisata
21 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungiby siroton.21 Tempat Wisata di Bali yang Wajib DikunjungiWisata di Bali – Terletak di sebelah timur Pulau Jawa, Bali adalah primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pantainya, Bali juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik. Bali sebagai tempat tujuan wisata yang lengkap dan terpadu memiliki banyak sekali tempat wisata menarik, apa […]

Wisata di Bali – Terletak di sebelah timur Pulau Jawa, Bali adalah primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pantainya, Bali juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik.
Bali sebagai tempat tujuan wisata yang lengkap dan terpadu memiliki banyak sekali tempat wisata menarik, apa saja tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi?

 

21 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

 

1. Pantai Kuta

 


Pantai Kuta adalah tempat wisata di Bali yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang dekat dengan bandara, pantainya yang indah, biaya yang murah, dan ombaknya yang cocok untuk peselancar pemula. Pantai Kuta juga terkenal dengan panorama matahari tenggelamnya yang sangat indah. Fakta unik dari Pantai Kuta adalah sebelum Pantai Kuta menjadi sebuah tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi seperti sekarang ini, Pantai Kuta merupakan sebuah pelabuhan besar, pusat perdagangan di Bali. Dengan pasir putih dan laut birunya, dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang sangat lengkap, Pantai Kuta adalah primadona wisata Bali.

 

2. Angel’s Billabong

 

tempat wisata unik di bali Bukit Atuh
Angel’s Billabong adalah sebuah muara sungai yang terletak di Nusa Penida. Muara sungai ini memiliki permukaan air yang tenang dan jernih serta cerukan yang membentuk kolam-kolam alam yang luar biasa cantik. Siapapun pasti akan langsung ingin nyebur dan berendam seharian disini. Airnya begitu jernih dan segar, pas banget untuk Anda yang lelah setelah seharian berkeliling Nusa Penida.
Untuk dapat menuju ke tempat wisata di Bali terbaru ini tidaklah sulit. Anda cukup datang ke daerah Kabupaten Klungkung, lalu menyebrangi selat Badung untuk menuju ke Nusa Penida. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja dengan menaiki speedboad dari sanur, Anda akan langsung sampai ke tempat wisata tersebut.
Waktu penyeberangan dengan kapal speedboad akan dimulai dari pagi hari sekitar pukul 07.30 hingga sore hari pukul 16.00 WITA. Jadi jika sudah melewati waktu tersebut tidak ada kapal lagi yang menyeberang menuju tempat wisata tersebut. Untuk menaiki kapal speedboad tersebut Anda akan dikenakan tariff sebesar Rp. 75.000,-/orang.

 

3. Pura Tanah Lot


Pura Tanah Lot adalah salah satu tempat wisata di Bali yang terkenal dengan keindahannya, terutama pada saat matahari terbenam. Pura Tanah Lot yang terdiri dari 2 buah pura merupakan pura tempat memuja dewa laut. Keunikan dari Pura Tanah Lot adalah pura ini berada di atas sebuah batu karang besar di pinggir laut. Pada saat air laut pasang, anda tidak dapat mendekat ke Pura Tanah Lot karena di sekitar batu karang penyangga Pura Tanah Lot akan digenangi air laut. Pada saat air surut anda dapat melihat beberapa ular laut jinak yang menurut penduduk setempat merupakan penjaga Pura Tanah Lot. Selain itu, di lokasi ini anda juga dapat memegang ular suci yang jinak dan tidak berbahaya.

 

4. Pantai Padang Padang

wisata di bali Pantai Padang Padang
Pantai Padang Padang mungkin kurang begitu terkenal bila dibandingkan dengan Pantai Kuta, namun Pantai Padang Padang adalah pantai yang sangat indah dan unik. Pada saat saya pertama datang ke Pantai Padang Padang juga saya mengira bahwa pantai ini adalah pantai yang tidak menarik karena kurang terkenal, namun ternyata saya salah.
Pantai Padang Padang adalah pantai kecil yang tersembunyi dibalik sebuah tebing di kawasan Pecatu, dekat Uluwatu. Untuk dapat mencapai Pantai Padang Padang, anda harus melewati sebuah tangga yang membelah tebing. Pantai Padang Padang tidak besar dan luas, namun sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Sebagian besar pengunjung Pantai Padang Padang adalah wisatawan asing karena Pantai Padang Padang kurang terkenal dikalangan wisatawan dalam negeri.

 

5. Air Terjun Sekumpul

wisata di bali Air terjun sekumpul
Berbicara tentang keindahan alam Bali seolah tidak akan pernah ada habisnya, terutama kawasan Bali Utara. Selain Pantai Lovina, ada Air Terjun Sekumpul yang cantik namun tersembunyi di kawasan hutan Buleleng. Yang konon cantiknya melebihi air terjun Gitgit.
Jalan menuju Air Terjun Sekumpul tidaklah terlalu sulit. Dari Lovina kita sudah dapat menemui beberapa papan petunjuk mengenai Sekumpul. Lokasi dari air terjun sekumpul berada di desa Sekumpul, kecamatan Sawan, kabupaten Buleleng Bali. Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 2000 / orang untuk wisatawan lokal dan Rp. 5.000 / orang untuk wisatawan asing.
Dari namanya ‘Sekumpul’, yang dalam bahasa Indonesia artinya kumpulan, di tempat ini kita tidak hanya akan menemukan 2 air terjun tapi sekaligus lima. Airnya begitu jernih dan sejuk terasa di kulit. Jadi betah berlama-lama berendam di sana. Belum lagi keindahan alam di sekitarnya yang begitu hijau, sunyi dan masih alami.
Karena termasuk salah satu tempat wisata di Bali terbaru, maka wajar saja jika fasilitas umum yang tersedia di tempat ini masih kurang memadai. Disini belum tersedianya toilet umum bagi pengunjung yang ingin mengganti pakaian setelah selesai mandi di lokasi air terjun.

 

6. Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul
Danau Beratan Bedugul adalah sebuah danau yang berlokasi di daerah pegunungan dengan suasana alam yang asri. Keunikan dari Danau Beratan Bedugul adalah keberadaan pura yang bernama Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu terletak di pinggir Danau Beratan Bedugul dan merupakan salah satu daya tarik utama Danau Beratan Bedugul. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati permainan air dan menyewa perahu di Danau Beratan Bedugul.

 

7. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana tempat wisata wajib dikunjungi saat liburan di bali
Garuda Wisnu Kencana atau biasa disingkat GWK adalah sebuah taman wisata budaya yang berlokasi di Bali Selatan. Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah patung yang sangat besar karya I Nyoman Nuarta. Saat ini, patung Garuda Wisnu Kencana belum sepenuhnya selesai dibuat, hanya sebagian saja yang telah selesai, namun walau begitu anda tetap dapat menikmati kemegahan Garuda Wisnu Kencana. Selain patung, anda juga dapat melihat keindahan bukit kapur yang di potong menjadi balok-balok kapur besar.
Balok-balok kapur ini nantinya akan penuh dengan pahatan. Selain itu di kawasan Garuda Wisnu Kencana juga terdapat teater seni, anda dapat menikmati berbagai jenis tari dan kesenian Bali di teater ini setiap harinya.

 

8. Pantai Lovina

Pantai Lovina
Pantai Lovina mungkin tidak terlalu sering terdengar di kalangan wisatawan. Pantai Lovina adalah salah satu tempat wisata di Bali yang paling saya sukai karena di Pantai Lovina kita dapat melihat lumba-lumba berenang dan meloncat di habitat aslinya. Terletak di Bali Utara dekat dengan Kota Singaraja, anda akan pergi ke tengah laut dan melihat lumba-lumba dengan menggunakan perahu nelayan. Lumba-lumba Pantai Lovina bermain di tepi pantai pada pagi hari, oleh karena itu biasanya wisatawan berangkat dari pinggir pantai mulai dari jam 6 pagi.

9. Pura Besakih


Pura Besakih adalah sebuah pura yang berlokasi di kaki Gunung Agung, dan merupakan pura terbesar di Bali. Di Pura Besakih sering diadakan acara keagamaan Hindu karena Pura Besakih dipercaya sebagai tempat suci dan merupakan induk dari seluruh pura yang ada di Bali. Pura Besakih dibangun dengan konsep keseimbangan Tuhan, manusia, dan alam atau sering disebut dengan sebutan Tri Hita Karana. Untuk dapat memasuki area Pura Besakih, anda harus menggunakan sarung yang dapat dipinjam di sekitar lokasi Pura Besakih.

 

10. Cliff Jump Point Nusa Ceningan

Cliff Jump Point Nusa Ceningan
Tak hanya bersantai di tepi pantai, traveler muda yang liburan di Bali juga bisa mencoba berbagai wisata ekstrem. Di Nusa Ceningan, ada sebuah tempat dimana traveler bisa terjun bebas dari tebing yang curam ke laut. Berani coba?
Nusa Ceningan merupakan sebuah pulau kecil di Kabupaten Klungkung, Bali. Aneka jenis wisata bisa dinikmati para traveler di sini, termasuk cliff jumping atau lompat dari tebing langsung ke laut di Cliff Jump Point. Aktivitas ekstrem ini cukup populer di kalangan turis lokal dan mancanegara pecinta uji nyali.

Cliff jumping bisa dilakukan di Blue Lagoon, Nusa Ceningan. Lokasinya ada di sisi barat pulau. Di sekitar Blue Lagoon memang penuh dengan tebing yang cukup curam, tapi tetap menampilkan keindahan yang mempesona.
Dari tebing itulah wisatawan bisa menjajal sensasi terjun bebas dari tebing yang curam. Untuk mencobanya, Anda bisa naik ke atas tebing dan langsung saja melompat ke bawah. Adrenalin pasti langsung akan terpacu ketika bersiap melompat dari pinggir tebing.
Sebelum melompat, sebaiknya Anda bertanya dulu pada penjaga di kawasan itu, apakah cuaca dan keadaan ombak memungkinkan untuk melompat. Anda juga harus berhati-hati agar tidak menabrak tebing dan terluka ketika menjajal aktivitas ekstrem tersebut.

 

11. Pura Uluwatu

 


Pura Uluwatu adalah salah satu tempat wisata di Bali yang berada di atas sebuah tebing yang menjorok ke laut. Pura Uluwatu tidak hanya menawarkan suasana religius khas Bali, namun juga menawarkan keindahan panoramanya, terutama keindahan matahari tenggelamnya yang sudah sangat terkenal. Di Pura Uluwatu anda akan berjumpa dengan sejumlah kera yang dipercaya berfungsi menjaga kesucian Pura Uluwatu. Untuk memasuki area Pura Uluwatu, anda harus menggunakan sarung dan selendang yang merupakan simbol hormat kepada kesucian Pura Uluwatu.

 

12. Pantai Jimbaran

 

Pantai Jimbaran
Pantai Jimbaran adalah salah satu tempat wisata di Bali yang paling terkenal. Pada saat anda datang ke Pantai Jimbaran, yang pertama kali akan anda lihat adalah deretan meja dan kursi makan di atas pasir putih yang indah. Pantai Jimbaran terkenal dengan kuliner pinggir pantainya, terutama hidangan lautnya. Pantai Jimbaran untuk anda yang ingin berwisata ke pantai sekaligus menikmati wisata kuliner khas Bali. Tidak perlu kuatir menyantap makanan di Pantai Jimbaran karena ombak di Pantai Jimbaran sangatlah tenang, tidak membahayakan anda yang sedang makan di pinggir pantai.

 

13. Air Terjun Aling-Aling

 

Air Terjun Aling-Aling
Bagi yang sedang mencari air terjun terindah di Bali bisa berkunjung ke air terjun Aling-Aling. Lokasinya berada di Jl. Raya Desa Sambangan, Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.
Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 35 m ini terbilang unik karena dari puncaknya air jatuh terpecah menjadi dua terjunan yang berdampingan. Air terjun yang sebelah kanan memiliki debit yang lebih besar dibandingkan yang sebelah kirinya.
Tebing-tebing tinggi dengan pepohonan yang rimbun disekililingnya menambah kecantikan air terjun Aling-Aling. Di bawah air terjun ini terdapat cekungan kolam yang cukup dalam sekitar 4 m. Kolam ini dapat digunakan untuk berendam dan berenang. Namun Anda wajib hati-hati!
Harga tiket masuk ke air terjun Aling-Aling nampaknya belum ada tarif resmi, hanya sekedar iuran sukarela. Ketika Anda berkunjung kesini, jangan sampai melewatkan untuk berfoto dengan latar air terjun yang cantik dan indah.

 

14. Monkey Forest

 


Monkey Forest adalah tempat wisata di Bali yang akan membawa anda menyatu dengan alam. Terletak di Ubud, Bali, Monkey Forest adalah sebuah hutan yang dihuni oleh banyak kera liar. Kera-kera ini dianggap keramat oleh penduduk setempat sehingga tidak boleh diganggu dan dibiarkan hidup di hutan. Kera di Monkey Forest sangat menyukai makanan, mereka akan berusaha mendapatkan makanan yang anda bawa, walaupun makanan tersebut ada di dalam tas anda. Di tempat ini anda akan menyaksikan kehidupan ratusan kera yang unik dan menarik.

 

15. Tanjung Benoa


Tanjung Benoa yang berbatasan dengan Nusa Dua, Bali adalah pusat dari kegiatan olahraga dan permainan air di Bali. Karakteristik Pantai Tanjung Benoa sangatlah tenang, sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis permainan air yang seru. Jenis permainan air yang dapat anda mainkan di sini yaitu snorkel, sea walker, banana boat, parasailing, wakeboard, waterski, jetski, scuba diving, donut boat, flying fish, dan lain-lain. Selain itu anda juga dapat pergi melihat penyu raksasa di pulau penyu dengan menaiki perahu dari Tanjung Benoa.

 

16. Danau Batur Kintamani

 


Danau Batur Kintamani merupakan salah satu pesona alam yang dimiliki Bali. Terletak di gunung tertinggi ke 2 di Bali, Danau Batur Kintamani mempunyai hawa yang sejuk dan pemandangan yang sangat mempesona. Danau Batur Kintamani adalah danau terbesar di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan karena menawarkan pemandangan yang tiada duanya di Bali.

 

17. Tari Kecak Uluwatu

Tari Kecak di Pura Taman Saraswati Ubud Bali
Tari Kecak adalah tari khas Bali yang paling terkenal dan paling menarik untuk dilihat. Dari banyak tempat yang mempertontonkan tarik kecak, menurut saya yang paling menarik adalah Tari Kecak Uluwatu yang berada di Pura Uluwatu. Tari Kecak Uluwatu mempertunjukan tari kecak khas Bali dengan latar belakang matahari tenggelam di Uluwatu yang sangat indah. Tari Kecak Uluwatu sangat populer dan ramai oleh karena itu apabila anda ingin menonton pertunjukan Tari Kecak Uluwatu, saya sarankan untuk pesan dari jauh hari.

 

18. Arung Jeram Sungai Telaga Waja

Arung Jeram Sungai Telaga Waja
Arung Jeram Sungai Telaga Waja sangatlah cocok bagi anda yang suka kegiatan yang seru dan menantang. Sungai Telaga Waja memiliki air yang jernih dan bersih dan jeram yang menantang. Di akhir pengarungan anda akan meloncati sebuah pintu air, sangat seru. Setelah selesai menikmati Arung Jeram Sungai Telaga Waja, anda akan mendapatkan bonus berupa trekking naik gunung, oleh karena itu siapkan diri anda dan beristirahatlah yang cukup karena Arung Jeram Sungai Telaga Waja akan menguras tenaga anda.

 

19. Arung Jeram Sungai Ayung

 

wisata ubud bali Aktivitas Rafting Sungai Ayung Ubud
Arung Jeram Sungai Ayung mempunyai karakteristik yang berbeda dengan Arung Jeram Sungai Telaga Waja. Apabila Arung Jeram Sungai Telaga Waja menawarkan tantangan, maka Arung Jeram Sungai Ayung menawarkan keindahan. Panorama sepanjang Sungai Ayung sangatlah indah, ditambah dengan pahatan di tebing sungai, dan hijaunya pepohonan di sekitar sungai melengkapi keindahan Arung Jeram Sungai Ayung.

 

20.  Trekking Desa Sambangan

 

 

Inilah tempat wisata alam di Bali terbaru yang bagus dan lagi naik daun, namanya Trekking Desa Sambangan. Desa Sambangan menawarkan pemandangan sawah dan hutan lindung yang berada di sisi selatan desa. Topografi desa Sambangan cukup bervariasi jadi sangat cocok untuk wisata adventure di Bali.
Desa Sambangan memiliki pemandangan alam yang masih natural dan sangat indah, sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati rekreasi alam. Begitu banyak wisatawan mancanegara yang sengaja datang hanya untuk menikmati keindahan pemandangan di desa Sambangan. Desa Sambangan dipilih sebagai tempat trekking di Bali, karena desa Sambangan mempunyai air terjun yang masih alami dan indah.
Bukan hanya satu air terjun, melainkan 7 air terjun yang merupakan daya tarik utama wisatawan melakukan trekking di desa Samabangan. Ke 7 air terjun tersebut memiliki nama, yang diberikan oleh masyarakat sekitar desa. Air terjun tersebut antara lain : Air terjun Pucuk, Air terjun Kembar, Air terjun Kroya, Air terjun Aling-Aling, Air terjun Canging, Air terjun Dedari, dan Air terjun Cemara.
Trekking di desa Sambangan membutuhkan waktu selama 3 jam. Perjalanan akan di mulai “orientasi Secret Garden”. Orientasi di taman ini akan mengambil waktu sekitar 30 menit. Sepanjang perjalanan trekking Anda akan melihat pemandangan persawahan, berbagai jenis tanam-tanaman seperti, perkebunan kopi, cokelat, salak, pohon aren, nangka, pisang.

 

21. Water Tubing Di Payangan

 

Wisata di Bali salah satunya Water Tubing Di Payangan
Satu lagi wisata ekstrem yang seru dan menantang yaitu Bali Canyon Tubing atau Water Tubing Di Payangan. Hampir mirip dengan rafting atau arung jeram, wisata ini sama-sama menyusuri aliran sungai hanya saja menggunakan ban yang muat untuk satu – dua orang (maksimal 2 orang). Kalau di Jogja Anda bisa mencoba cave tubing seperti ini di Goa Pindul.
Medan yang dilalui di sungai payangan ini sangatlah indah dan alami. Aliran sungai yang cukup deras akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda dan tentu saja akan membuat jantung Anda berdetak kencang. Beberapa spesies burung dan tanaman langka bisa ditemukan karena tumbuh di bibir tebing.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply