Wisata Unik Bali, Menyelam Bersama Mola-mola

Category : bali selatan, tempat wisata
Wisata Unik Bali, Menyelam Bersama Mola-molaby siroton.Wisata Unik Bali, Menyelam Bersama Mola-molaWisata unik bali yang kali ini cukup berbeda, terutama di kalangan yang suka Diving. Bagi para wisatawan, menyelam di perairan Nusa Penida merupakan kesempatan luar biasa. Mereka bisa berinteraksi lebih dekat dengan biota laut yang unik di dunia seperti ikan mola-mola dan pari manta.   Wisata Unik Bali Menyelam Bersama Mola-Mola     Ikan Mola […]

Wisata unik bali yang kali ini cukup berbeda, terutama di kalangan yang suka Diving. Bagi para wisatawan, menyelam di perairan Nusa Penida merupakan kesempatan luar biasa. Mereka bisa berinteraksi lebih dekat dengan biota laut yang unik di dunia seperti ikan mola-mola dan pari manta.

 

Wisata Unik Bali Menyelam Bersama Mola-Mola

 

wisata unik bali, menyelam bersama mola mola

 

Ikan Mola mola ini adalah jenis ikan yang memiliki tulang terbesar di dunia. Beratnya bisa mencapai 2000 KG, ikan yang jarang di lihat ini, keberadaannya sepanjang tahun berada di wilayah perairan Bali. tepatnya di sekitar Nusa Penida dan Nusa lembongan. Waktu yang terbaik untuk melakukan diving di tempat ini adalah sekitar bulan Juli – Oktober.

Namun demikian, para wisatawan wajib mematuhi kode etik penyelaman di wilayah Kawasan Konservasi Perairan Nusa Penida. “Pelaku wisata bahari seharusnya sudah paham soal kode etik ini,” kata Kepala UPT KKP (Kawasan Koservasi Perairan) Nusa Penida, I Nyoman Karyawan.

Kode etik penyelaman di Nusa Penida mencakup larangan memasuki daerah cleaning station (lokasi pembersihan). Ini merupakan tempat parasit pada tubuh ikan mola-mola dan pari manta dibersihkan oleh ikan kecil yang hidup di karang. Dengan memasuki lokasi ini, secara tidak langsung kehadiran wisatawan telah membuat ikan mola-mola atau pari manta tidak nyaman.

Selain itu, wisatawan juga disarankan tidak berenang di belakang ikan mola-mola atau pari manta. Hal ini karena ikan mola-mola dan pari manta tidak memiliki kelenturan tubuh seperti manusia. Ikan tersebut cenderung terkejut dengan keberadaan asing di belakangnya.

Wisatawan juga diharapkan selalu memperhatikan kode dari pemandu selam. Isyarat atau kode tertentu akan diberikan pemandu selam untuk berkomunikasi dengan wisatawan.

Hal ini biasanya demi kepentingan keselamatan wisatawan di bawah laut, serta keselamatan biota laut. Divemaster biasanya akan mengarahkan wisatawan agar berada pada jarak kira-kira 3 meter dari ikan mola-mola atau pari manta.

Jarak ini akan memberi ruang mola-mola dan pari manta untuk berinteraksi dengan merasa aman dan tidak terganggu. Wisatawan pun dilarang menyentuh karang di kawasan konservasi perairan Nusa Penida, Bali.

Menurut Karyawan, menyentuh karang berarti sudah merusak lapisan pelindung kulitnya yang bisa membahayakan kekayaan biota laut Nusa Penida, termasuk ikan mola-mola dan pari manta. untuk videonya kalian bisa lihat di sini.

Demikianlah ulasan wisata unik bali tentang menyelam bersama mola mola ini, baca juga wisata unik bali yang terbaru dan istagramable untuk mengetahui lebih banyak destinasi yang anti mainstream.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply