Mendaki Gunung Agung – Menggapai Puncak Tertinggi di Bali

Category : tempat wisata
Mendaki Gunung Agung – Menggapai Puncak Tertinggi di Baliby siroton.Mendaki Gunung Agung – Menggapai Puncak Tertinggi di BaliGunung Agung – Kali ini kami dari Menuju Bali akan mengajakmu untuk membahas salah satu gunung yang ada di Bali yaitu Gunung Agung. Sebuah gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini, dan sekarang (september-November 2017) gunung ini berstatus level tertinggi, yaitu Awas. sehingga sekarang dilarang untuk melakukan kegiatan pendakian. Bagi pecinta alam petualangan wisata […]

Gunung Agung – Kali ini kami dari Menuju Bali akan mengajakmu untuk membahas salah satu gunung yang ada di Bali yaitu Gunung Agung. Sebuah gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini, dan sekarang (september-November 2017) gunung ini berstatus level tertinggi, yaitu Awas. sehingga sekarang dilarang untuk melakukan kegiatan pendakian.

Mendaki gunung agung bali

Bagi pecinta alam petualangan wisata trekking di Bali menjadi salah satu idaman, seperti mendaki menuju ke puncak Gunung Agung, akan memberikan banyak pengalaman berharga. Kegiatan ini memang disukai oleh kalangan wisatawan asing maupun domestik.  Pendakian ke gunung tertinggi di Bali ini dengan start point di pura Pasar Agung, perjalanan melalui desa Sebudi Selat. Dari sini anda bisa mendaki dengan tujuan puncak 1 yang berada di ketinggian 3.031 meter di atas permukaan laut atau bisa ke  juga ke puncak 2 di ketinggian 2.000 meter. Yang perlu diperhatikan adalah kesiapan fisik dan mental, stamina memang harus benar-benar fit.

Wisata trekking ke Gunung Agung tentu menjadi momen yang spesial bagi wisatawan, gunung ini masih aktif, terakhir meletus di tahun 1963, dipercaya menjadi tempat sakral dan disucikan di Bali, warga Hindu percaya di puncak inilah bersemayamnya para Dewa, dan pada saat kegiatan upacara berskala besar pada tingkatan paling utama (utamaning utama) pada upacara Dewa Yadnya, warga juga mendaki melakuan pendakian spiritual menuju puncak tertinggi ini untuk sebuah persembahan dan memohon keselamatan. Sebagai pecinta petualangan atau adventure gunung ini, menjadi tempat menarik untuk dijelajahi, pendakian terbuka untuk umum.

Mendaki gunung agung bali

Jalur Pendakian Gunung Agung

Sementara yang paling populer dalam acara mendaki saat ini adalah jalur Selatan, trekking ke puncak 2 di ketinggian 2.000 mdpl, untuk bisa sampai di puncak ini dan menyaksikan keindahan matahari terbit yang spektakuler, pendakian harus sudah dimulai sekitar jam 01.45 dini hari agar jam 06.00 pagi saat momen sunrise sudah berada di lokasi, pendakian ke Gunung Agung ini butuh waktu sekitar 4 jam untuk naik dan 4 jam turun, total kira-kira 8 jam perjalanan. Jika anda berada di wilayah Kuta, Jimbaran, Nusa Dua, Tanjung Benoa ataupun Sanur biasanya perjalanan darisana dimulai sekitar 11.30 malam.

Sedangkan mendaki  menuju puncak tertinggi Gunung Agung yaitu puncak 1 melalui jalur Barat di ketinggian 3.031 meter, butuh 5-6 jam perjalanan, start point trekking dari Pura Pasar Agung, jam 12.00 harus sudah mulai pendakian. Dari atas sini pemandangan 360 derajat, memang butuh usaha extra menuju di ketinggian ini, stamina harus ok. Sedangkan di puncak 2 pemandangan 180 derajat, namun tidak kalah spektakulernya sehingga jalur ini memang paling diminati sekarang.

Beberapa Hal dan Persiapan Saat Mendaki Gunung Agung :

1. Perhatikan cuaca, usahakan jangan trekking di saat musim hujan, karena jalan menjadi lebih licin dan tantangan akan menjadi lebih berat
2. Sediakan pakaian hangat, karena dipuncak cuacanya sangat dingin bisa sampai 10 derajat celcius
3. Bekali diri dengan air minimal 2 liter per orang, karena diperjalanan sangat minim sumber air
4. Gunung Agung menjadi tempat suci agama Hindu, sapi adalah binatang disakralkan, jadi jangan membawa makanan dari bahan daging sapi
5. Jangan melakukan pendakian saat ada upacara keagamaan di pura Besakih yang terletak di kaki Gunung Agung ataupun Pura Pasar Agung.
5. Gunakanlah Pakaian untuk trekking dan sepatu olah raga
7. Bawalah kamera untuk mengabadikan momentum perjalanan tour anda
8. Operator ataupun pemerintah tidak menyediakan asuransi dalam pendakian gunung, sehingga perlu persiapan matang dan kondisi fisik yang fit.

Pastinya liburanmu akan terasa sangat spesial saat kamu bisa berada di puncak tertinggi di pulau Bali ini. Sekian Dulu ya tentang pembahasan mengenai wisata pendakian Gunung Agung dan persiapan persiapannya, Senoga petualanganmu menyenangkan.

Baca juga :

Museum Pasifika Nusa Dua Bali – Museum Lukisan Terlengkap
Wisata Unik Bali, Menyelam Bersama Mola-mola
Tempat Wisata Bali Unik Terbaru dan Instagramable.!!
9 Tempat Belanja Di Bali Yang Wajib Di Kunjungi
9 Tempat Nongkrong Hits di Bali Yang Murah

Author: 

Related Posts

Leave a Reply